AFRICAN DANCE..

Musim hujan begini biasanya kegiatan yang ada urusannya dengan kebugaran ikut jadi korban. Apa asyiknya joging atau menjajal track fantastis dengan sepeda kesayangan di tengah hujan deras dan berangin kencang pula?

Tapi tidak berarti urusan bakar-membakar kalori pensiun dulu hingga musim hujan usai. Ada alternatif olahraga di dalam ruangan. Tapi jangan buru-buru alergi dulu. Ini tidak ada hubungannya dengan alat kebugaran yang berat dan bikin malas itu. Justru sebaliknya bikin asyik karena tubuh bergoyang. Tidak ubahnya gerakan tarian.

Belakangan pakar olahraga memang kian rajin mengembangkan gerakan tarian tradisional menjadi gerakan dasar kebugaran dalam ruangan. Aktivitas ini kemudian dikemas menjadi olah tubuh yang menyenangkan.

Sebut saja African dance. Tarian tradisional Afrika mulai berkembang sekitar 60 tahun lalu setelah perbudakan di benua itu dihapuskan. Tarian Afrika umumnya memiliki makna religius dan gerakannya merepresentasikan aktivitas hidup sehari-hari, seperti berburu, berladang, menangkap ikan, bahkan melahirkan.

Tarian ini mulai diadopsi menjadi olahraga sejak awal 1970-an. Sementara itu, di Indonesia baru awal tahun ini diperkenalkan di klub kebugaran. Menurut instruktur tribal motion Celebrity Fitness, Stefan Brecard, tarian dan musiknya diadopsi sepenuhnya menjadi olahraga kardio tanpa ada modifikasi.

Aktivitas murni African dance berlangsung hingga empat jam. Di tempat latihan kebugaran dipangkas menjadi satu jam, tapi tetap energetik dengan tempo gerakan yang tinggi. “Sangat powerful dan tidak ada satu pun bagian tubuh yang tidak bergerak,” ujar instruktur asal Kaledonia Baru ini. Ada lebih dari dari 15 gerakan yang bisa dipadukan menjadi sebuah tarian.

Published in: on 22 Februari 2009 at 10:25 AM  Comments (1)  

The URI to TrackBack this entry is: https://lingga17.wordpress.com/2009/02/22/african-dance/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. Haloo?!?
    Ga tau kenapa,
    AQ😦 dah kasi video dance disetiap artikel,
    tapi ko ga keluar seee?!?!?!?!
    :-(mbencekno..
    maaf ia kalo ga ada contonya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: